7 Manfaat Temulawak

Rimpangtemulawak ternyata mengandung sejumlah senyawa aktif berupa fraksi kurkuminoid yang berkhasiat sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang aman dikonsumsi. Kandungan zat gizi yang terdapat didalam temulawak antara lain;  karbohidrat, protein dan lemak serta serat kasar dan mineral seperti kalium (K), natrium (N), magnesium (Mg), zat besi (Fe), mangan (Mn).

Di Amerika Serikat temulawak telah dimanfaatkan sebagai bahan pewarna untuk keju, mostar, sereal, keripik kentang, es krim, asinan, sup dan yogurt.

Sebelum mengkonsumsi temulawak ada beberapa kondisi yang memerlukan pertimbang dari tenaga medis. Misalnya apabila adanya penyumbatan saluran empedu atau batu empedu, karena temulawak bekerja merangsang fungsi saluran empedu.

Hal lain yang perlu diperhatikan tatkala mengkonsumsi temulawak adalah tidak dibolehkan mengkonsumsi temulawak bersamaan obat pengencer darah yang dapat menyebabkan perdarahan. Temulawak juga tidak boleh dicampur dengan tanaman lain yang mengandung kurkuminoid seperti kunir yang akan menyebabkan kelebihan dosis.

7 manfaat yang dapat diperoleh dari temulawak antara lain;

1. Memperbaiki nafsu makan

Masyarakat Indonesia secara turun temurun telah menggunakan temulawak untuk memperbaiki nafsu makan. Bahkan sekarang telah banyak kita temukan multivitamin untuk anak dengan kandungan kurkuma. Secara prakliknik dan klinik ditemukan bahwa rimpang temulawak dapat meningkatkan atau memperbaiki nafsu makan. Manfaat ini berkaitan dengan efek minyak atsiri yang terkandung di dalam temulawak yang bersifat karminativum.

2. Memperbaiki fungsi pencernaan

Secara praklinik ditemukan bahwa serbuk rimpang temulawak dapat meningkatkan aktivitas musim dalam cairan lambung sehingga membantu metabolism dan mengurangi kontraksi usus halus

3. Memelihara kesehatan fungsi hati

Aktivitas temulawak yang berhubungan dengan fungsi hati berkaitan dengan aktivitas kolagoganya, yaitu meningkatkan produksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Temulawak juga dapat mengurangi aktivitas enzim glutamate oksaloasetat transaminase (GOT) baik secara praklinik in viltro dan in vivo maupun secara klinik

4. Mengurangi nyeri dan radang sendi

Kurkumin yang terkandung dalam temulawak mempunyai aktivitas antiradang yang setara dengan 100mg fenilbutazon yang dapat berguna mengurangi nyeri dan radang sendi. Hasil uji klinik menggunakan kurkumin dengan dosis tertentu, menunjukkan adanya perbaikkan pada penderita radang sendi.

5. Menurunkan lemak darah

Ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Komponen yang diduga berperan dalam menurunkan lemak darah adalah kurkumonoid.

6. Sebagai antioksidan dan membantu memelihara kesehatan

Kurkumin bekerja sebagai antioksidan karena mampu menangkap radikal-radikal bebas oksigen seperti anion superoksid dan radikal hidroksil sehingga akan membantu memelihara kesehatan.

7. Membantu menghambat penggumpalan darah

Kurkumin dari temulawak dapat membantu menghambat penggumpalan darah dengan cara menghambat pembentukan tromboksan B-2, suatu senyawa yang berperan dalam proses penggumpalan darah.

Karena begitu banyak manfaat dari temulawak, ada baiknya bila terdapat sedikit tanah kosong dirumah kita tak ada salahnya bila kita menanam temulawak agar lebih bermanfaat.

Sumber: Republika

Iklan

2 pemikiran pada “7 Manfaat Temulawak

Komentar ditutup.