7 Manfaat Entrepreneur Skill

Fathiin (7 tahun) bercerita pada ibunya bahwa setiap hari jum’at ia diminta gurunya membawa barang untuk dijual di sekolahan. Ia diminta gurunya untuk menawarkan dagangannya pada temen, kakak atau adik kelas bahkan bila memungkinkan pada bapak dan ibu guru disekolah.

Kini banyak sekolah memasukkan pelatihan bisnis dalam mata pelajaran sekolah. Sejumlah sekolahan mengadakan Market Day atau Business Day setiap pekannya. Bahkan beberapa sekolah yang berbasiskan entrepreneurship, sekolah Khalifa milik Ippo Santoso salah satunya.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan ketika mengajarkan bisnis sejak belia

Self Responsibility

Seorang pengusaha harus menyadari jika tindakkan yang ia lakukan sangat berpengaruh terhadap sukses gagalnya usahanya. Adanya korelasi antara ketekunan dan kelangsungan usaha akan mengajarkan pada anak bahwasannya ketika mereka menginginkan kesuksesan, kuncinya ialah ketekunan. Jika menginginkan nilai ujian bagus, maka ia harus tekun belajar. Jika hal ini telah dipahami anak, maka orang tua tidak perlu memaksa anak untuk melaksanakan kewajibannya.

Communication Skill

Banyak ragam orang yang harus dihadapi seorang pengusaha setiap harinya. Hari ini mungkin ia bertemu dengan investor yang akan menanamkan sahamnya pada perusahaan. Esok mungkin dengan calon pelanggan produknya dimana ia harus bisa meyakinkan bahwa produknya cocok untuk  pelanggan tersebut.

Kesuksesan Apple menjual produk-produknya bak kacang goreng tak lepas dari kemahiran Steve Jobs mempresentasikan produknya. Bahkan untuk menghadiri launcing produk Apple orang harus antri berhari-hari. Belajar bisnis merupakan cara yang terbaik melatih kemampuan berkomunikasi pada anak. Bisnis mengajarkan bagaimana bersikap dan bertutur kata yang benar pada setiap orang yang berbeda.

Problem Solving

Seorang pengusaha harus bisa memecahkan semua permasalahan agar bisnisnya tetap tumbuh. Dengan belajar menjadi seorang pengusaha, anak akan memahami tentang pentingnya proses pemecahan masalah yang dihadapinya.

Misalnya ketika anak mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman sekolahnya, ia bisa mencari jalan keluar terbaik atas permasalahnnya dengan berbagai opsi dan tanpa kekerasan tentunya.

Leadership

Pengusaha harus memiliki kemampuan untuk memimpin. Ia juga harus bisa membuat sebuah visi dan rencana usahanya serta harus bisa menggerakkan bawahannya untuk melaksanakannya. Dengan belajar berbisnis, anak akan belajar mengorganisir rencana, mendelegasikan tugas dan mengatur setiap individu dalam pos yang tepat.

Mengasah Kreatifitas

Seorang pengusaha harus  bisa menciptakan value, apakah itu berarti membangun perangkap tikus yang lebih baik, menawarkan layanan yang unik atau menyediakan produk yang lebih murah, lebih cepat atau lebih baik. Disini kreatifitas menjadi modal utama agar tetap eksis. Belajar bisnis mengajarkan anak untuk selalu berfikir kreatif.

Transferable Skill Sets

Matematika, sains, bahasa dan kesenian adalah pelajaran yang bisa di aplikasikan dalam bisnis. Belajar bisnis berarti secara tidak langsung mengaplikasikan pelajaran yang didapat dari sekolah.  Dengan mengetahui kegunaan belajar matematika, anak-anak akan lebih bersemangat mempelajarinya. Tidak menjadikan matematika sebagai momok lagi.

Kemampuan membuat rencana masa depan

Menjadi pengusaha adalah profesi yang terhindar dari PHK. Keberlangsungan pendapatannya dipengaruhi dari apa yang dihasilkan dari usahanya. Dengan mengajarkan pada anak bagaimana memulai dan menjalankan bisnis, anak akan diajarkan bagaimana ia mengatur masa depannya kelak.

 

 

 

Gambar diambil disini

Iklan

4 pemikiran pada “7 Manfaat Entrepreneur Skill

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s