Sedekah NONMATERIIL

Banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dengan bersedekah. Diantaranya, sedekah yang kita lakukan dapat mendatangkan rejeki. “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu’ karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya” (HR Muslim). Bahkan sedekah yang kita lakukan dapat menhapus dosa. “Sedekah itu menghapuskan dosaseperti air memadamkan api” (HR At Tirmidzi). Dan pastinya masih banyak lagi manfaat yang didapatkan dari sedekah.

Saat berbicara mengenai sedekah, sering yang terlintas dalam benak kita ialah pemberian seseorang berupa sejumlah uang, perhiasan ataupun berbagai jenis harta yang dimilikinya yang bisa memberi manfaat untuk orang lain. Tapi, ternyata ada lho jenis sedekah yang tidak berupa harta. Sedekah nonmaterial atau sedekah tak berbayar. Sedekah model seperti ini hanya menuntut kemauan badan kita untuk melakukannya. Ada yang sangat mudah, ada pula yang sangat nikmat.

Salah satu jenis sedekah yang paling mudah ialah tersenyum ataupun bermuka cerah. “Kamu tersenyum terhadap saudaramu, itu adalah sedekah untukmu, kamu memerintahkan kepada hal yang ma’ruf adalah sedekah, kamu membantu orang yang berpenglihatan buruk adalah sedekah, kamu menyingkirkan batu, duri  dan tulang dari jalan adalah sedekah dan kamu mengisi timba saudaramu dengan timbamu adalah sedekah” (HR Tirmidzi)

Tersenyum bukanlah pekerjaan yang sulit. Tak perlu berlelah lelah dan berkeringat ketika melakukannya. Hanya perlu menarik sedikit bibir untuk menciptakan garis wajah yang sedap dipandang. Tapi siapa sangka senyum yang terlihat pekerjaan sepele ini ternyata ada manfaatnya juga untuk diri kita sendiri. Senyuman yang tersungging di bibir kita dapat mengurangi stress dan meningkatkan kesehatan jantung. Senyum dapat memberi kita 2 manfaat, selain mendapat pahala, juga menjadikan jiwa dan raga sehat.

Ada lagi jenis sedekah tak berbayar (non materiil) yang nikmat dilakukan. Ya, bersenggama dengan pasangan yang sah ternyata juga termasuk sedekah.

“Setiap ruas jari anak Adam dapat menjadi sedekah, mengucapkan salam kepada orang yang ditemui adalah sedekah, memerintahkan kepada hal yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah hal yang mungkar adalah sedekah, bersenggama dengan istri adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan shalat dhuha dua rakaat”.

Kemudian para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, jika seorang diantara kami memenuhi syahwatnya, apakah hal itu dapat menjadi sedekah?” Beliau menjawab, “Bagaimana pendapatmu jika ia memenuhi syahwatnya dengan cara yang tidak halal, apakah ia tidak berdosa?” (HR Muslim) 

Selain hal-hal diatas ada lagi sedekah yang mudah dan tak berbayar lainnya. Sedekah model ini yang sekarang sedang tren.“Tidak ada (balasan bagi) seorang muslim yang menancapkan suatu pohon atau menanam suatu tanaman, kemudian ada burung atau manusia yang memakannya, kecuali hal itu menjadi sedekah baginya” (HR Bukhari dan Muslim)

Program selamatkan bumi dengan menanam satu juta pohon ternyata bukan hanya bermanfaat buat bumi kita, tapi juga dapat menjadi sarana kita mendapatkan aliran pahala ketika apa yang kita tanam dapat dimanfaatkan orang lain maupun makhluk lain.

Nah, sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak bersedekah khan?

 

Gambar diambil disini

Iklan

7 pemikiran pada “Sedekah NONMATERIIL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s