Mendidik Karakter dengan Karakter

Judul buku: Mendidik Karakter dengan Karakter

Penulis: Ida S. Widayanti

Penerbit: Arga Tilantas, Jakarta

Halaman: 161

Harga: 42.000

***

Anak-anak ibarat benih pohon. Meskipun bagus dan berkualitas, ia takkan tumbuh sempurna jika ditanam di lahan yang tandus. Untuk menjadi orang dewasa yang berkualitas, ia membutuhkan lingkungan yang mendukung, yaitu orang tua dan guru yang menghargai cara berfikirnya, yang akan membuatnya mengeluarkan ide dan gagasan kreatif. Orang tua dan guru memiliki peran sangat  dalam mendidik karakter seorang anak.

Buku ini 95% berisi kumpulan cerita yang penulis tulis di rubric Jendela Keluarga di majalah Suara Hidayatullah. Kisah-kisahnya sederhana hingga mudah dipahami, unik dan kadang menyentil peran orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan anak.

Buku dibagi menjadi empat bagian yang berisikan dahsyatnya masa kecil pada bagian pertama, pada bagian kedua bercerita tentang kekuatan kata-kata orang tua. Di bagian ke tiga penulis bertutur bagaimana mengajarkan kemandirian sejak dini. Sementara bagian terakhir penulis menekankan bagaimana prinsip mengasuk anak.

Kisah Profesor Omar

Seorang anak kecil menderita folio yang menyebabkan ukuran kakikya menjadi tak seimbang. Anak yang bernama Omar ini kerap mendapat ledekan teman mainnya dengan julukan ‘Omar pincang’.

Suatu hari Omar ingin bermain dengan teman-temannya. Ia menghampiri mereka yang sedang asyik bermain. Namun bukan sambutan ramah yang diterimanya, melainkan gelak tawa penghinaan. Teman-temannya beramai-ramai menurukan cara Omar berjalan. Omarpun kembali ke rumah dengna perasaan sedih tak terkira diiringi tangisan yang tak kuasa dibendungnya.

Setiba di rumah, sang ibu menanyakan dengan lembut apa gerangan yang membuatnya menangis. Omar pun menceritakan kejadian yang dialaminya.

Nah, apa yang dikatakan sang bunda kepada Omar kecil sehingga ia mampu menjadi Profesor dan meraih gelar S1, S2 dan S3 di 3 negara berbeda? Simak kisahnya dalam buku ini 🙂

 

 

Catatan kaki; buku ini agak sulit dicari

Iklan

14 pemikiran pada “Mendidik Karakter dengan Karakter

    • Iya,, bagus. Tapi agak susah carinya. Btw, kalo mau beli, jangan yang paketan. Coz, ga’ semua bagus. Kemarin saya beli satu paket, judul yang lain ga terlalu bagus.

  1. kirain jualan buku juga, waktu liar harganya Harga: 42.000. :D.

    Hem, mendidik karakter dengan karakter.
    klo lembaga yang masih menerapkan kyak gituan, bayak di jumpai di pesantren. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s