Anakku cinta ROBOT

Saya tidak tahu pastinya sejak kapan anak saya terobsesi dengan robot. Semua yang berkaitan dengan robot baginya selalu menarik . Buku cerita, gambar, film semua berkaitan dengan yang namanya “ROBOT”. Bahkan panduan doa setelah shalat dhuha yang saya tempelkan untuk mengingatkan saya pun jadi ajang untuk menggambar pabrik robot.

Entah apa yang ada dalam pikiran anak saya ketika menggambar pabrik robot. Mungkin dia berharap bundanya mendoakannya agar kelak ketika dewasa ia bisa menjadi bos robot. Aaamiiin 🙂

Walhasil dengan sedikit berat hati (biayanya mahal 😦 ) saya menyetujui permintaannya untuk mengikuti les robotic.

Tapi kini saya sedikit terhibur setelah mengetahui manfaat belajar robot untuk anak saya.

Ternyata merangkai robot tidak hanya sebuah permainan semata lho. Saat merangkai robot, anak dilatih untuk mengkoordinasikan mata dan tangan sehingga dapat meningkatkan kemampuan motorik halusnya.

Merakit robot juga merupakan cara yang efektif untuk menggembangkan logika anak. Anak diajak berfikir ketika memasang partpart yang sesuai, sehingga anak berlatih kritis dalam berfikir, selain itu juga bisa melatih kesabarannya.

Saat membuat sebuah robot kreatifitas anak juga terasah. Dengan proyek yang sama, anak dapat menghasilkan bentuk robot yang berbeda-beda. Ataupun dengan robot yang sama tetapi memiliki bagian-bagian yang berbeda.

Pada tahap awal anak diajarkan cara menggunakan peralatan sederhana seperti obeng, sekrup, mur dan lain sebagainya. Alat tersebut digunakan untuk membentuk sesuatu dengan kepingan-kepingan seperti membuat troli ataupun tangga. Jika anak sudah menguasai, kemudian naik ketingkat yang rumit seperti memprogram robot di komputer hingga membuat robot-robot bisa “hidup”, dapat berjalan, maju, mundur, tanpa menabrak atau mengikuti trek yang dibuat.

Jadi, tak ada salahnya anak diajarkan membuat robot sejak dini khan?

12 pemikiran pada “Anakku cinta ROBOT

Tinggalkan Balasan

