Bunga Bangkai di Kebun Tetangga

Kalau boleh jujur, saya jarang banget beranjangsana ke tempat tetangga. Alasannya klise, sibuk. Selain itu ada alasan lain kenapa saya jarang ke tempat tetangga utawa nonggo (bahasa jawa-pen). Kebetulan sebelah kanan rumah saya kebon bambu, sebelah kiri saya kalau musim hujan datang temulawaknya tumbuh hampir setinggi dada orang dewasa dan kebetulan sekali di depan rumah saya membentang sawah sejauh mata memandang. So, tetangga hanya ada dibelakang rumah. Itupun kalau mau kesana harus melewati rimbunnya batang temulawak. Jadi klop malesnya 😀

Kebetulan beberapa waktu lalu tetangga belakang rumah punya hajat. Ada salah satu dari anggota keluarganya akan menunaikan ibadah haji. So, nggak enak dong kalo nggak nonggol buat bantu-bantu. Ya, walaupun cuma lap piring dan gelas, paling tidak saya tidak dicap anti social 😀

Nah, waktu melintasi kebun tetangga itulah saya melihat ada bunga bangkai yang sedang mekar kira-kira setinggi lutut orang dewasa.

Saya tunggu-tunggu sampai satu minggu, bunga bukannya tambah tinggi seperti yang pernah saya liat difoto waktu pelajaran biologi dulu, eh malah mati 😦 Setelah bertanya mbah google, ternyata bunga bangkai mekar untuk waktu satu minggu, kemudian layu.

Tapi tak berapa lama muncul kuncup diarea seputar tumbuhnya bunga bangkai yang pertama.

Kuncup bunga bangkai

Kuncup bunga bangkai

Bunga bangkai mekar sempurna

Bunga bangkai mekar sempurna

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga melihat bunga bangkai. Tak perlu jauh-jauh ke Kebun Raya Bogor. Yah, walaupun saya harus puas melihat bunga bangkai yang hanya setinggi lutut.

Iklan

64 pemikiran pada “Bunga Bangkai di Kebun Tetangga

  1. hohoho…good…tahun lalu bunga bangke yg ky mawar mekar numbuh d kebun saya d tengah hutan..tp sayang, pemerintah g nyardar..yg ekspos cuma ku aja k fb…kan asik kalo dibuat jadi wisata..lumayan, itung2 promo kebun k investor..wkwkw

  2. Wahh bagus tuhh 🙂 dlu juga sempet liat bunga bangkai dikebun tetangga pula namun udah pada gk ada.. Pada udah dijadiin kontrakan -_-“

  3. Hehe,., alhamdulillah ya sesuatu 🙂
    Kalo aku justru sebelum tau bung tersebut di mapel Biology, di tempat kelahiran aku itu bunga tsb banyak berkeliaran di mana-mana, dan baru tau namanya bunga tersebut adalah rafesia yahh klo ndak salah ?? pas dapt mapel biologi si SMp,.

  4. Sepertinya ini bunga yang lumayan langka ya Mbak …
    Dulu saya sempat melihat yang ada dikebun raya …
    tapi itu duluuuuuu sekali … ketika saya kuliah di Bogor sana

    Semenjak saat itu saya tak pernah lagi melihat bunga ini

    salam saya Mbak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s