Tanaman Pengusir Nyamuk

Musim penghujan telah tiba. Waktunya untuk bersih-bersih lingkungan disekitar kita, terutama saluran air atau got. Selain itu, benda-benda yang memungkinkan untuk menjadi sarang nyamuk seperti kaleng bekas sebaiknya segera kita singkirkan. Hal ini sebagai tindakan preventif mencegah munculnya penyakit DBD.

Selain membersihkan lingkungan, ada baiknya kita juga menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Selain memiliki bunga yang indah dan mudah ditanam, beberapa tanaman berikut bisa dimanfaatkan sebagai semprotan ataupun pengusir nyamuk alami.   

Tanaman serai

260px-YosriNov04Pokok_Serai

doc. Google

Serai ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak saja. Kandungan methilheptenon, geraniol, terpen-alkohol, terpen-terpen, asam organic serta citronella terbukti mampu mengusir nyamuk.

Cuci 1kg batang serai, kemudian tiriskan sampai kering. Setelah itu, haluskan serai menggunakan blender. Setelah halus, masukkan serai yang sudah halus ke dalam 250ml air. Rendam selama satu malam. Setelah itu, saring air rendaman dan campurkan dengan aquades,  lalu masukkan ke dalam botol penyemprot. Semprotan nyamuk alami siap digunakan.   

Geranium

doc. Google

Geranium termasuk tanaman perdu yang memiliki aroma harum yang tidak disukai serangga. Tanaman ini mengandung zat citronella dan geraniol yang bersifat antiseptic. Goyangkan daun geranium untuk mengeluarkan aroma khasnya untuk mengusir nyamuk.

Zodia

Zodia merupakan tanaman asli Papua. Orang-orang Papua akan menggosok kulitnya dengan daun zodia ketika mereka akan memasuki hutan. Dengan cara ini mereka akan aman dari gigitan nyamuk selama didalam hutan. Tanaman zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang tidak disukai serangga.

tanaman-zodia-dalam-potTempatkan tanaman zodia ditempat masuknya angin ataupun disudut ruangan yang terdapat kipas angin. Gesekan antar daun Zodia akan mengeluarkan aroma yang mampu mengusir nyamuk.

Tapi ada yang hal perlu diingat, jangan letakkan tanaman ini dalam ruangan sempit yang tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup. Aroma tajam Zodia juga dapat menyebabkan pusing dan mabuk.  

Bunga Lavender

Keampuhan bunga lavender untuk mengusir nyamuk sudah sangat sering kita dengar. Selain ampuh mengusir nyamuk, bunga lavender yang berwarna ungu inipun sangat cantik bila kita jadikan tanaman hias. Gosok-gosokkan bunga lavender ke tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk.

Saatnya back to nature kawan 🙂

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

Iklan

44 pemikiran pada “Tanaman Pengusir Nyamuk

  1. yang alami aja ya daripada kimiawi, kami lebih memilih tanpa obat serangga hanya berbekal raket nyamuk
    pernah taruh zodia dalamrumah tapi lama2 pusing dgn baunya

  2. Yang mudah didapatkan serai dan bunga lavender… saya suka juga… minyak telon yang pake citronela juga sudah ada. Kulit durian juga bisa untuk pengusir nyamuk lho… itu kulit durian dilemparkan ke nyamuk kalo pas terbang, kalo kena nyamuk pasti mati…

  3. berhubung saya anak kos mbak….susah buat nanam tanaman gtu…
    apalagi di blkg kos ada kolam otomatis sering byk nyamuk
    untuk penanggulangn sementra saya pake obat nyamuk listrik aja hehe
    tapi makasih ilmunya mbak..mgk bisa saya terapkan kalo pas lagi drumah 🙂

  4. Ping balik: Selintas-selintas Pengalaman Go Organic | Limbah Rumah Bersih

  5. Ping balik: Perbandingan Harga Bahan Pembersih Anorganik dan Organik | Limbah Rumah Bersih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s