Usia 17 Tahun #1

Tak terasa tahun ini memasuki tahun ke 17 saya menggeluti dunia bisnis. Boleh dibilang lebih dari separuh umur yang saya miliki. Jika diibaratkan usia manusia, 17 tahun merupakan usia awal kedewasaan seseorang.

Dalam 17 tahun tersebut, Alhamdulillah saya telah melalui dua ujian berat sebagai syarat pengusaha. Ujian pertama tahun 1998. Pada tahun itu Indonesia mengalami krismon atau krisis moneter. Harga-harga melambung tinggi. Banyak perusahaan yang harus mem-PHK karyawannya karena gulung tikar ataupun demi alasan efisiensi. Hal itu sedikit banyak berimbas pada usaha yang saya geluti. Krisis merubah peta persaingan dagang. Banyak orang yang terkena PHK mencoba berbagi keberuntungan dibisnis yang saya geluti. Walhasil menambah competitor yang ada. Padahal saya baru 2 tahun dilepas bapak untuk mandiri.

Ujian kedua datang pada tahun 2008, persis berselang 10 tahun dari ujian yang pertama. Jika ujian pertama karena factor eksternal, maka ujian kedua ini terjadi karena factor internal. Salah satu kepala cabang yang merupakan sahabat karib saya, tidak amanah menjalankan tugasnya. Setelah 5 tahun ia saya beri amanah untuk mengelola salah satu cabang, ia mendirikan usaha sendiri dengan jenis yang sama dan yang lebih menyakitkan dengan modal yang diselewengkan dari perusahaan saya. Akhirnya ia saya pecat dengan tidak terhormat karena terbukti main belakang. Kerugian yang saya tanggung hampir menembus 10 digit mata uang Rupiah.

Dari pengalaman saya, ada tiga hal penting yang harus dimiliki seorang pengusaha jika ingin tetap eksis dalam bisnis. Tak perduli pengusaha kelas teri ataupun kelas kakap, formulasi ini tetap relevan.

 

Ilmu yang cukup

IMG00764-20130105-0441Bekal pertama yang harus dimiliki ketika terpuruk dalam bisnis ialah ilmu. Banyak membaca, mendengar dan mengamati kisah-kisah pengusaha sukses sangat diperlukan untuk memotivasi agar bisa bangkit. Cerita pengusaha sukses biasanya tak lepas dari keterpurukan dan kegagalan. Tak ada ceritanya seorang pengusaha sukses yang tidak pernah menghadapi permasalahan runyam dalam karier usahanya. Entah ditipu orang, kesalahan managemen ataupun factor eksternal seperti bencana alam, kompetisi tidak sehat dan lain hal yang dapat menyebabkannya bangkrut.

Seorang pengusaha sejati ialah seorang yang mampu bangkit dari keterpurukan. Β Mampu memotivasi dirinya untuk menjadi juara. Entah factor eksternal mendukung atau tidak, ia akan tetap terus berusaha. Terus bangkit dan bangkit seperti seorang anak yang baru belajar jalan. Biarpun berkali-kali jatuh ia akan tetap bangkit dan berjalan.

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

 

 

PS: Untuk yang kedua dan ketiga menyusul ya. Penyakit males ngeblog baru kumat nich πŸ™‚

64 pemikiran pada “Usia 17 Tahun #1

  1. berarti hebat ya. selamat Bu. Sudah bertahan di 10 tahun kedua. karena menurut penelitian di amrik kurang dari 2% bisnis yang bisa bertahan hingga tahun ke 10

  2. Bukan masalah kita terjatuh, yang paling penting adalah apa yang kita lakukan saat pertama kali bangkit. πŸ™‚

    Senang ya punya usaha, aku pengen punya juga deh. Cuman masih belum tahu bidang apa yang cocok..

    Ikut belajar dulu ya Mah…

  3. wah kerem mbak Ika, sudah sampai 17 tahun, tentu bukn hal yang mudah ya..
    apalagi itu tuh yg dikhianati kepala cabangnya..
    mudah2an kedepannya bisa lebih maju agi ya mbak bisnisnya.. πŸ™‚

  4. Wow,…… bisnis kita seumuran. Tahun 1998 saya jadi kontraktor finishing gedung, dan menangani sebuah show room BMW di daerah fatmawati. Wiiih kereeen kan ? hehe….. tapi bangkrut, hingga lemari pun di jual buat makan.

    So….. bangkit lagi dan bangkrut lagi. Berulang2 hingga tak terhitung jumlahnya. Alhamdulillah itu menjadi pelajaran paling berharga dalam hidup.

    Selamat datang kegagalan, selamat datang masa depan.

  5. 17 tahun jadi pengusaha… berarti usahanya sudah ibarat seorang gadis yang layak jadi rebutan banyak orang karena kecantikannya. Berarti harus lebih hati–hati dalam menjalankan usahanya mbak

  6. Boleh tau, bagaimana keadaan karyawan yang Mbak (manggilnya mbak aja ya, biar terasa kaka adik, dari pada bu, hehehe).
    Bulan lalu di pabrim memecat 2 orang yang melakukan pencurian.
    Sampai sekarang belum tau nasih kedua orang tersebut.

    • 3 tahun dia berbisnis dengan modal yang dia ambil dari saya trus bangkrut dan sampai sekarang belum bangun lagi. Entah belum entah tidak tapi saya dapat pelajaran berharga dari situ bahwa harta yang tidak berkah tidak awet

      • terimakasih mbak,… ini pelajaran penting buat saya.
        saya sangat tertarik dengan hal2 dan cerita2 seperti itu. sebgai bukti dan cerita nyata buat anak2ku nanti,…

  7. When I first saw this title Usia 17 Tahun on google I just whent and bookmark it. I appreciate, cause I found just what I was looking for. You have ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

Tinggalkan Balasan

