Handicraft # 4P Jilid 2

Price

Penetapan harga menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah produk. Tidak cukup menggunakan kombinasi biaya dan keuntungan yang wajar saja.

Ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika akan menentukan harga jual sebuah produk, seperti competitor dan system distribusi barang.

Seperti penuturan Ferry, beberapa tahun yang lalu, banyak buyer yang biasa membeli handicraft dari Eropa beralih ke China. Ya, hal ini berkaitan dengan harga. Seperti kita ketahui, produk-produk China memang terkenal lebih murah, tapi bila dilihat dari segi kualitas, kualitas produk mereka masih dipertanyakan.

Tapi kini mereka kembali ke Indonesia. Ini disebabkan karena produk dari China tidak memiliki soul. Ya, setiap produk memiliki “rasa” yang berbeda. Hal ini tentunya disebabkan beberapa factor diantaranya bahan baku, budaya dan adat istiadat setempat. Dan “rasa” ala Indonesia yang sangat unik, etnik dan khas handmade inilah yang tidak dimiliki China.

doc. google

doc. google

Penentuan harga tinggi maupun harga rendah tentunya dilihat pula pada posisi apa kita akan bermain. Jika produk memiliki efek jaringan – bila produk menjadi lebih berharga jika semakin banyak orang yang menggunakannya – maka harga rendah agar bisa dibeli banyak konsumen itu lebih baik. Di sisi lain, harga tinggi dapat meningkatkan posisi produk sebagai barang yang unik atau mewah.

Perhatikan pula bagaimana system distribusi yang ingin kita kembangkan. Jika kita ingin memiliki “tangan lain” untuk memasarkan produk kita, harga harus dibuat bertingkat.

Berapa harga yang bisa diberikan untuk distributor tunggal, agen dan konsumen harus dipikirkan matang-matang. Masing-masing memiliki criteria pembelian dan harga yang bervariasi.

Placement

Selain memilih tempat yang strategis, penataan produk kita pun perlu kita perhatikan. Lihat perbedaan gambar dibawah ini.

Display Produk

Display Produk

Gambar disebelah kiri tas-tas ditata berjajar dirak sederhana. Sementara tas disebelah kanan ditata dirak yang diberi lampu. Bisa dibandingkan perbedaannya?

Lebih menarik tas yang disebelah kanan bukan?

Padahal keduanya memiliki merk dan kualitas yang sama. Tas digambar sebelah kanan yang terkena sorot lampu memang terlihat hidup sehingga lebih menarik.

Selain penataan produk, kenyamanan oulet dan keramahan karyawan terhadap pelanggan perlu diperhatikan pula. Karena disadari ataupun tidak, pelanggan merupakan asset yang sangat berharga. Pelayanan prima terhadap pelanggan menjadikan mereka loyal terhadap produk kita.

Promotion

Promosi produk-produk handicraft sangat identik dengan pameran. Ya, mengikuti pameran merupakan cara efektif untuk memperkenalkan produk.

Pemanfaatan web yang konsen pada produk handicraft juga membantu agar produk dikenal hingga manca negara. Selain itu, kita bisa memanfaatkan media social seperti facebook sebagai sarana kita mempromosikan produk kita.

Selamat menikmati akhir pecan. Salam sukses 😀

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

Iklan

29 pemikiran pada “Handicraft # 4P Jilid 2

  1. soal placement itu penting banget Mba Ika, display yang diatur sedikit lebih rapi aja mungkin bisa menaikkan harga beberapa puluh ribu. Hehehee. Kalo yang sebelah kiri terlihat lebih “murah”. imo ya Mba

  2. Saya memulai bisnis cargo dari tahun 200 an, kenal internet tahun 2009 an. Alhamdulillah 90% pelanggan csmcargo sekarang ini onliner.

    Cost yang saya pangkas : promosi, salesman, dan operasional.

  3. Kalau berdasar pengalaman saya, handicraft berkualitas terbaik biasanya bisa ditemui justru di tempat2 yang nggak dikira2, dengan jumlah pekerja sedikit, dan pengerjaan yang sangat tradisional. Tapi ya itu, karena marketingnya nggak segencar pedagang2 yang udah modern, seringkali pembelinya hanya kalangan terbatas, misal turis-turis yang dapat bertatap muka langsung.

  4. “Rasa” itu memang salah satu hal yang bisa mengalahkan kedudukan harga di mata pembeli ya Mbak Ika..
    Walaupun harganya nggak terlalu menarik, tapi kalau ‘rasa’nya nyambung dengan konsumen, akan tetap diuber juga..
    Inspiratif, Mbak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s