Life is Never Flat

doc. google

doc. google

“Tidak ada yang tetap di dunia ini selain perubahan”

(Heraklitus)

Perubahan dalam hidup ini sejatinya sesuatu yang biasa terjadi. Jika kita cermati, diri kita pun berubah. Mulai dari bayi, tumbuh menjadi anak-anak kemudian remaja, lalu dewasa dan jika masih diberi umur kita akan merasakan tua.

Walaupun perubahan sejati sesuatu yang lumrah, akan tetapi pada kenyataannya tidak semua orang mampu memahami dan mengelola perubahan yang terjadi pada dirinya.

Ada beberapa bentuk penyikapan orang terhadap sebuah perubahan.

Pertama, orang yang takut untuk berubah. Orang yang berada dalam posisi ini biasanya terjadi karena ia terlalu lama berada di dalam zona nyaman. Terlalu asyik dengan lingkungan tempatnya berada hingga ia tak menyadari bahwa ternyata dunia telah berubah. Ini tak ubahnya dengan nasib media cetak di Amerika yang satu persatu tumbang karena tergerus kemajuan teknologi informasi.

Kedua, orang yang mencoba untuk berubah tetapi saat terbentur dengan masalah ia memilih kembali ke posisi semula yang menurutnya lebih nyaman. Orang yang tidak memiliki kemauan keras untuk berubah ada dalam golongan ini.

Ketakutan akan kegagalan terlalu mendominasi pikirannya sehingga ketika kegagalan benar-benar menghampirinya ia menganggap semua sia-sia.

Lalu, apakah kita harus menghilangkan rasa takut dalam diri kita?

Sejatinya rasa takut yang dimanage dengan baik akan menjadi sinyal tanda bahaya yang menjadikan kita tetap waspada. Akan tetapi, sebagian besar orang terlalu memanjakan ketakutan yang dimilikinya sehingga ketakutannya itu menjadi bayangan yang menghalanginya untuk berubah.

Ketiga, orang yang senang mencoba formulasi baru untuk menghadapi perubahan alias suka sekali trial and eror dalam menghadapi perubahan. Orang dengan tipe ini akan cepat sekali menyesuakan diri jika perubahan menghampirinya. Ia memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk mengambil sebuah keputusan yang tidak umum atau yang sering dikenal dengan thinking out of the box.

Apa yang harus dilakukan?

Ubah mindset

Kita harus merubah mindset kita bahwa sesungguhnya perubahan itu sesuatu yang biasa terjadi. Perubahan bukan sebuah ancaman akan tetapi justru perubahan yang terjadi mungkin merupakan peluang terbaik yang harus kita ambil.

Anda kenal dengan Sandiaga S Uno? Ya, ia merupakan salah satu pengusaha muda sukses di negeri ini. Pada tahun 2011 menurut majalah Forbes ia termasuk orang terkaya urutan ke 37 se-Indonesia.

Siapa sangka ternyata Sandiaga S Uno pernah merasakan pahitnya di PHK tahun 1998. Menjadi pengusaha sejatinya bukan impiannya succes by accident ungkapnya dalam sebuah seminar. Setelah dua kali terkena PHK ia pun memutuskan untuk berbisnis.

Langkah yang ia tempuh seperti menabrakkan diri ke dinding karena ia tak memiliki pengetahuan dan latar belakang orang tuanya pun pengajar. Tapi siapa sangka, keputusan nekadnya mengantarkannya menjadi pengusaha sukses seperti sekarang ini.

Perhatikan perubahan yang ada

Perhatikan dengan seksama apa saja yang telah berubah dalam lingkungan kita. Sebagian besar dari kita terjebak dalam rutinitas yang sama hingga lupa memperhatikan bahwa lingkungan dimana kita tinggal ataupun lingkungan tempat kita bekerja telah berubah.

Sesuaikan diri dengan cepat

Ketika perubahan benar-benar terjadi, langkah yang perlu kita ambil ialah menyesuaikan diri dengan cepat dan bersegeralah mengambil tindakan

Nikmati perubahan

Nikmatilah perubahan yang datang. Saat kita berhasil melewati perubahan dengan sukses, sekecil apapun rayakanlah. Hargai sekecil apapun langkah kita untuk menghadapi perubahan.

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

 

 

Iklan

45 pemikiran pada “Life is Never Flat

  1. Perubahan saat ini memang sebuah keharusan ya Bu. Jika tidak, akan tergilas zaman yang semakin terasa cepat dengan-2 ditemukannya penemuan-2 baru dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.

  2. aq termasuk tipe yang takut perubahan mba. 😦
    dan memang agak sulit beradaptasi dengan lingkungan, sulit menerima orang baru, sulit bergaul.

    Tapi yaaa sekarang sedang berusaha memperbaiki sebisa mungkin. Doakan mba.. ^^

  3. Saya termasuk dalam orang yang memimpikan zona nyaman, aman tentram penuh dengan syukur kepada Sang Pencipta.

    Seperti beberapa Blogger yang mengunggah foto tentang perjalanan di negara maju terlihat semua tertata rapi, yang masih menjadi impian negara kita.

  4. inspiratif sekali mbak.

    saya sendiri sudah lumayan lama meninggalkan masa2 ini dibelakang saya. masa2 yg bikin stress akut. bukan berarti skrg tidak mengikuti, tetep mengikuti tapi aplikasinya disesuaikan dengan kebutuhan, keterbatasan dan kenyaman saya 🙂

    salam
    &kayka

  5. Aku suka perubahan, aku gak takut berubah. karena waktu kecil aku sudah ditanami pikiran tentang perubahan, perubahan itu bagus selama untuk menolong sesama. seperti berubahnya “ksatria baja hitam, power rangers, spiderman dan lain-lainnya.” 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s