Srikandi Blogger 2013: Inspirator Blogger Perempuan Indonesia

Aktualisasi Perempuan di Era Digital

Sejarah nasional telah mencatat kiprah Kartini sebagai ikon kemajuan perempuan Indonesia dijaman penjajahan. Kegigihannya memperjuangkan hak kaumnya untuk mengenyam pendidikan menjadikan namanya harum.

Satu Abad kemudian, tatkala perempuan dengan mudah mengenyam pendidikan setinggi yang ia inginkan, tak berarti ia bebas menentukan pilihannya. Perempuan yang mengabdikan waktu dan hidupnya untuk menyiapkan generasi emas penerus bangsa setelah menuntaskan pendidikan dijenjang perguruan tinggi masih dipandang sebelah mata. Saya jadi teringat cerita seorang sahabat yang memutuskan keluar dari pekerjaannya disebuah kantor konsultan pajak dengan karier yang telah mapan setelah memiliki anak. Banyak pertanyaan yang terlontar justru menyudutkan keputusannya itu.

“Lho jeng, sekarang full time di rumah ya?”

“Injih bu, ngurus anak dan suami.”

“Lha apa ndak sayang titelnya. Kenapa ndak kerja lagi. Anak-anak bisa diurusi pembantu tho?”

Masih banyak orang yang menganggap remeh perempuan yang mengabdikan diri di rumah karena dianggap tidak produktif. Mereka menganggap jika hanya bergelut pada urusan anak, dapur, sumur dan kasur semata tak perlu bersekolah tinggi hingga sarjana. Cukup sampai SMU.

Jaman telah berubah. Kini kita memasuki Era Digital. Era yang memungkinkan siapapun untuk mengakses informasi dan berhubungan dengan siapa saja yang berada diberbagai belahan benua untuk saling berbagi. Berbagi tulisan, inspirasi dan motivasi di media tulis menulis yang bernama blog. Pada era ini pula kesempatan perempuan untuk aktif dalam sebuah komunitas yang memberi banyak manfaat seperti Kumpulan Emak Blogger (KEB) terbuka luas.

Selain itu, kesempatan perempuan untuk berkarya dengan karya terbaiknya pun kini terbuka lebar hingga memungkinkannya memiliki penghasilan meski berada di rumah. Entah menjadi momtrepreneur, penulis buku, editor lepas, penerjemah dan masih banyak lagi.

KEB dan Ajang Pemilihan “Srikandi Blogger 2013”

Kumpulan KEB Emak Blogger atau yang lebih dikenal dengan sebutan KEB merupakan wadah para blogger perempuan Indonesia untuk saling berbagi inspirasi, informasi, motivasi dan karya melalui blognya masing-masing dan berdiskusi di Facebook Group KEB.

KEB yang digagas oleh Mira Sahid ini telah memiliki ratusan anggota blogger perempuan lintas platform yang bermukim di dalam dan luar negeri. Berbagai kegiatan online dan offline pun telah digelar komunitas ini.

Di usianya yang telah menginjak 1 tahun, Kumpulan Emak Blogger (KEB) memberikan apresiasi kepada para blogger perempuan Indonesia dalam ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013 dengan mengangkat tema Aktualitas Perempuan di Era Digital. Acara yang berlangsung pada hari Minggu, tanggal 28 April 2103 di Gedung F Kemendiknas Jl Sudirman, Jakarta sukses memunculkan Srikandi Blogger 2013 yang menjadi inspirasi emak2 blogger lainnya.

Meriahnya acara tak hanya dirasakan Emak2 Blogger yang bisa menghadiri acara. Saya yang tak bisa menghadirinya pun turut merasakan kemeriahannya. Kicauan Emak2 blogger ditwitter sudah bisa menggambarkan bagaimana keadaan sesungguhnya.

Ting…”Penari ciliknya lucu-lucu.”

Ting…”Terharu mendengar monolog mak Wylvera.”

Ting…”Mak Pon memberi sambutan.”

Ting…”Mak Pon potong tumpeng.”

Ting…”Fashion Show Emak-emak gak kalah sama model.”

Rasanya ingin terbang ke Gedung F Kemendiknas untuk bergabung dengan emak2 blogger yang lain. Yah, apalah daya pekerjaan yang menggunung tak memungkinkan saya datang. Mudah-mudahan tahun depan saya bisa hadir di acara tersebut tak hanya sebagai penonton tetapi masuk sebagai finalis.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Credit

Dari 50 orang nominator yang mengikuti seleksi awal, mengerucut menjadi 10 Finalis Srikandi Blogger 2013 yaitu Alaika Abdullah, Anazkia, Dina Begum, Diadjeng Laraswati, Eka Mayya, Nchie Hanie, Myra Anastasia, Octaviani Nur Hasanah, Shinta Ries, dan Winda Krisnadefa.

Ting…ting…ting…ting…

Bunyi live tweet dari para emak2 yang mengikuti jalannya acara semakin seru menjelang detik-detik diumumkannya pemenang pada acara puncak penganugerahan SRIKANDI BLOGGER 2013. Saya pun jadi tambah penasaran.

Credit

Credit

Dari kesepuluh finalis Srikandi Blogger 2013 akhirnya terpilihlah Mak ALAIKA ABDULAH sebagai SRIKANDI BLOGGER 2013, Mak ANAZKIA sebagai SRIKANDI  FAVORIT 2013, Mak MYRA ANASTASIA sebagai SRIKANDI PERSAHABATAN 2013.

Selain Pemenang Srikandi di atas, KEB juga memilih Mak HAYA ALIYA ZAKI sebagai BLOGGER INSPIRATIF serta Bunda YATI RACHMAT sebagai Blogger dengan LIFETIME ACHIEVEMENT.

Profil “Srikandi Blogger 2013”

Tak kenal maka tak sayang begitulah pepatah mengatakan. Dan inilah sekelumit profil para Srikandi Blogger 2013 yang bisa kita contoh peran serta kiprahnya.

Alaika Abdullah, “Srikandi Blogger 2013″

Alaika

Credit

http://www.alaikaabdullah.com/

Perempuan asal Aceh 43 tahun ini kini menetap di Bandung. Ia memiliki background seorang chemical engineer dan bekerja dalam dunia industri selama bertahun-tahun, hingga akhirnya sebuah tragedi maha dasyat yang menimpa tanah Aceh di penghujung Desember 2004 telah memanggil jiwanya untuk berkecimpung dalam humanitarian worker atau pekerja kemanusiaan. Mak Alaika terpilih sebagai Srikandi 2013 dan berhak mendapatkan hadiah 1 unit Acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook), paket Rinso (2 dus) & Paket Wardah, serta mewakili KEB di Asean Blogger di Solo.

Anazkia, “Srikandi Blogger Favorit 2013″

Anazkia

Credit

http://www.anazkia.com/

Anazkia atau lebih sering dipanggil Anaz ini adalah seorang BMI (Buruh Migran Indonesia) di Malaysia. Anaz menjadi salah satu Srikandi yang menginspirasi saya. Keterbatasannya tak menyurutkan langkahnya dalam berkarya.

Anaz juga aktif bersama komunitas Blogger Bertuah yang mengusung program “Blogger Hibah Sejuta Buku (BHSB)”. Ia berperan sebagai koordinator BHSB untuk membantu pasokan buku-buku ke berbagai daerah di Indonesia yang minim fasilitas taman bacaannya, seperti di Papua, Aceh, Kalimantan, Lampung, Pulau Sebesi.

Anaz terpilih menjadi “Srikandi Blogger Favorit 2013″. Ia terpilih menjadi favorit di antara perempuan-perempuan hebat, 10 finalis Srikandi Blogger 2013 dan berhak membawa pulang hadiah 1 unit Acer Aspire E1-471. paket rinso (2 dus) dan wardah.

Myra Anastasia, “Srikandi Blogger Persahabatan 2013″

Myra

Credit

http://bundabelajarmenulis.blogspot.com/

Sebelum menikah Myra pernah bekerja di head office sebuah Dept. Store, bagian merchandising. Kini ia mendedikasikan waktunya untuk urusan anak dan tulis menulis. Myra aktif menulis di blog dengan mengangkat tema tentang perkembangan kedua buah hatinya tercinta. Myra terpilih menjadi “Srikandi Blogger Persahabatan 2013 dan berhak membawa pulang hadiah 1 unit Acer Aspire E1-471. paket rinso (2 dus) & wardah.

Haya Alia Zaki, “Srikandi Blogger Inspiratif 2013″

Haya

Credit

http://www.hayaaliyazaki.com/

Perempuan asal Medan lulusan Universitas Indonesia, jurusan Apoteker ini memiliki kesibukkan sebagai Trainer, Blogger, Penulis, dan Editor Lepas. Ia merupakan trainer Write Your Diary, training penulisan ala “chicken soup for the soul” (kisah-kisah nyata yang berhikmah, lucu, menghibur, dan inspiratif). Training ini terutama ditujukan untuk perempuan remaja dan dewasa yang ingin berbagi pengalaman hidup mereka melalui tulisan. Haya Alia Zaki terpilih sebagai “Srikandi Blogger Inspiratif 2013″ dan mendapatkan TV, paket rinso dan wardah.

Yati Rachmat, penerima penghargaan “Lifetime Achievement Award”

Yati

Credit

http://goodcrab-personal.blogspot.com

Bunda Yati yang bermukim di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia ini terpilih sebagai Lifetime Achievement Award. Usia senja (75 tahun) tak mematahkan semangatnya untuk menulis di blog dan terus belajar. “… usia bukanlah kendala untuk tetap eksis dan berkarya…” kata Bunda Yati. Ia berhak membawa pulang TV, paket rinso & wardah.

Rinso

Credit

Digandengnya Acer dan Rinso sebagai sponsor utama acara pemilihan “Srikandi Blogger 2013” ini merupakan pilihan tepat yang diambil oleh panitia. Produk-produk Acer berupa notebook, laptop, komputer, maupun tablet merupakan alat penunjang kegiatan ngeblog emak2 blogger. Sementara Rinso menjadi sahabat setia emak2 blogger membersihkan kotoran yang menempel pada baju buah hati mereka sebagai tanda kreatifitasnya.

Sukses buat para SRIKANDI BLOGGER 2013, kalian adalah inspirasi kami. Kalian adalah bukti nyata bahwa perempuan bisa berkiprah diranah mana pun tanpa menanggalkan predikatnya sebagai seorang istri dan ibu.

Sukses pula untuk seluruh panitia dan makmin KEB yang telah menyelenggarakan ajang Srikandi Blogger 2013. Apresiasi KEB terhadap kiprah perempuan blogger akan memotivasi dan menginspirasi kami untuk terus menulis dan mengembangkan diri.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Acer Srikandi Blogger Competition 2013.

Sumber tulisan :
http://emak2blogger.web.id

http://www.kompasiana.com/

Iklan

52 pemikiran pada “Srikandi Blogger 2013: Inspirator Blogger Perempuan Indonesia

  1. pemenang yang kenal cuma anaz.. selamat ya naz.. keren deh anaz.. dan selamat buat semua.. keren pun ada yang sudah sebaya mamaku tuh.. jadi pengen colek mama biar ikutan jadi blogger..

  2. Kalau ada emak2 blogger, aku ngiri nih …
    Rekan-rekan sobat blogger.. coba kita bikin pae blogger ya… He he niru itu ngga masalah asal bisa lebih heboh…kwkw..

  3. Mba Al emang luar biasa dan beberapa blogger yang saya kenal juga ga kalah hebat. Tahun depan Mba Ika nih mestinya yang jadi juara. 🙂

  4. Emak-emak bisa ngeblog itu hebat, apalagi kalo bisa menginspirasi pembaca lewat tulisan-tulisannya, meski tidak juara juga pantas mereka disebut Srikandi Blogger, karena panah idenya mampu menghunjam kesadaran para pembacanya.

  5. selamat buat perhelatan emak2 blogger, semoga ajang ini bisa berjalan seterusnya dan semakin banyak emak2 yang mengeluarkan inspirasi mereka di blogging. Buat kaum bapak, hayo jangan ketinggalan…heheheheh

  6. wuah… keren tuh acaranya kak.
    Di Aceh juga banyak tu emak-emak bloger, cuma belum terlalu di publish. Hanya beberapa orang saja yang memang tampil bergelut di diari dunia maya ini, itu juga karna masuk dalam komunitas penulis (Forum Lingkar Pena Aceh). Lainnya? who knows.. moga aja banyak. 😀

  7. aku suka sekali tulisan ini. sayang baru baca. inspiratif, mbak. harus sering-sering mampir, nih ke sini. hehehe.

  8. Wah…salut untuk semua Srikandi-srikandi blogger di atas. Terutama buat Anaz dan bunda Yati. Khusus bunda Yati, saya jadi inget sama bunda Pipit Senja. Nice posting mb Ika 🙂
    Semoga mb Ika hadir di sana tahun depan sebagai finalis, aamiin… 🙂
    Go Bunda Go! 8)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s