Cermat Memilih Berita di Media Online

Heboh kasus impor daging sapi beberapa waktu lalu telah menyedot perhatian publik dan menjadi pembicaraan hangat berbagai kalangan masyarakat. Kasus yang melibatkan petinggi partai besar dan seorang yang berinisial AF ini berakhir dengan pengakuan AF yang membuat semua orang terhenyak. Jauh dari opini yang dibangun oleh beberapa media massa baik media cetak, online maupun televisi.

Pasca pengakuan AF menjadi saat yang tepat untuk menilai independensi media massa. Tulisan ini dibuat tidak untuk memberikan penilaian siapa yang salah dan siapa yang benar dalam masalah ini. Hanya saja kita semua perlu belajar dari kasus tersebut. Masyarakat harus lebih kritis saat memperoleh informasi apapun dari media massa. Tak hanya kritis, sebagai konsumen media massa, masyarakat juga harus cerdas dalam memilih media massa yang dibaca ataupun ditontonnya. Media massa yang dipercayai haruslah media massa yang menampilkan berita yang obyektif dan berimbang agar tidak terjebak dalam opini yang salah.

Koleksi pribadi

Koleksi pribadi

Meningkatnya pengguna internet beberapa tahun ini tak luput dari perhatian media massa. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, media massa yang memiliki situs online berkembang pesat. Berbeda dengan televisi dan radio yang dapat menyiarkan berita secara langsung, media online memerlukan jeda untuk meng-input berita. Demi mengejar kecepatan, media online terkadang mengorbankan akurasi berita hingga terjebak dalam berita yang dangkal.

Pasar iklan di dunia online terbilang brutal karena menggunakan sistem iklan berdasarkan traffic. Hal inilah yang menjadikan media online berlomba-lomba mengejar traffic. Nah, disinilah peran kritis kita diperlukan sebagai pembaca media online.

Media massa baik cetak maupun televisi beramai-ramai membuat situs online (pemberitaan versi online) selain dengan alasan untuk menjaring pencari informasi lebih banyak, media online juga menjadi strategi media massa agar tetap eksis. Tak terkecuali liputan 6 yang juga merupakan salah satu siaran berita terfavorit di SCTV dengan situsnya Liputan6dotcom.

Satu hal yang harus diperhatikan Liputan6dotcom bahwa masyarakat kini semakin kritis dan cerdas. Mereka bisa meng-counter berita yang tak sesuai menurut mereka dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook ataupun twitter seperti dalam kasus Prita Mulyasari dan RS Omni International.

Koleksi pribadi

Koleksi pribadi

Liputan6dotcom, salah satu media online yang menyajikan berita terkini yang aktual, tajam dan terpercaya, menyajikan berita ter-update langsung dari TKP (Tempat Kejadian Perkara). Liputan6dotcom memiliki komitmen untuk menyajikan berita yang obyektif dan berimbang sehingga menjadikannya media online terpercaya.

Tak hanya menyajikan berita terbaruLiputan6dotcom juga menyajikan artikel lain sebagai tambahan informasi yang dibutuhkan masyarakat seperti artikel tentang kesehatan yang menyediakan info serta tips seputar kesehatan anak, remaja, dan orang tua yang ada dalam rubrik Health.

Artikel lain yang tersaji dalam Liputan6dotcom yaitu artikel tentang teknologi yang mengulas perkembangan teknologi terkini terdapat dalam ulasan Tekno. Tak ketinggalan bagi Anda penggemar sepak bola, ulasan lengkapnya ada dalam rubrik Bola. Artikel lain yang tak kalah menarik yaitu artikel showbiz dan bisnis. Seluruh artikel tersebut diulas secara gamblang dan mendalam. Tak hanya menambah wawasan pembacanya, juga menjadi bacaan yang menghibur diwaktu senggang.

Bola4

Koleksi pribadi

Berita hari ini yang paling hangat di artikel Bola yang saya ambil dari Liputan6dotcom yaitu pemecatan Jose Mourinho oleh Real Madrid. Kegagalan besar di musim ini membuat kubu El Real memutuskan hubungan kerja dengan pelatih kebangsaan Portugal itu pada Selasa (21/5/13) dinihari WIB.

“Hal ini berdasarkan kesepakatan bersama. Alasan yang Mourinho berikan untuk meninggalkan klub, saya dukung sepenuhnya. Kami berdua memutuskan itu dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk memecah hubungan ini,” ungkap Perez.

Sebagai pengganti Mourinho, Madrid belum menunjuk pelatih baru. Namun nama-nama besar seperti Rafael Benitez dan Carlo Ancelotti sudah dihubungkan dengan klub asal ibukota Spanyol tersebut. Untuk mengetahui kelanjutan beritanya dan berita lain yang tak kalah menarik, silahkan klik di Liputan6dotcom.

sigi

Koleksi pribadi

Lebih menarik lagi, Liputan6dotcom juga menyajikan laporan investigasi tim Liputan6 SCTV dalam program SIGI Investigasi dalam bentuk video yang bisa di tonton secara langsung ataupun di download untuk disimpan.

Bagi Anda yang hari ini tak sempat menonton siaran berita Liputan6 SCTV, Anda bisa membaca beritanya di http://www.liputan6.com. Berita hari ini yang menjadi topik utama di acara siaran berita Liputan6 SCTV juga menjadi berita terkini liputan6.com. Jadi, walaupun Anda tak sempat menonton siaran berita Liputan6 SCTV, Anda tak akan ketinggalan berita terbaru.

Artikel ini diikutsertakan dalam ‘Lomba penulisan tentang http://www.liputan6.com’.

klik-banner

Sumber:

liputan6.com

media.kompasiana.com

Iklan

64 pemikiran pada “Cermat Memilih Berita di Media Online

  1. kalau dulu sumber berita terbatas, sekarang justru sebaliknya..melimpah ruah. bahkan waktu 24 jam terasa nggak cukup untuk mengikuti semua informasi yg ada…. harus kita pilih berita dan informasi mana saja yg benar-benar kita perlukan…kalau nggak, habis waktu kita uma untuk ngikuti berita…

  2. Persaingan dan hangatnya kancah pemberitaan, dengan berita yang kejar tayang tanpa menitikberatkan pada akurasi beritanya, memang menyisakan kesimpangsiuran bagi masyarakat penikmat berita itu sendiri. Sudah saatnya, kita harus lebih jeli dalam memilih sumber berita yang ingin kita ikuti, agar tak menjadi ‘korban’ sebuah informasi yang kurang bisa dipertanggungjawabkan.

    Sukses untuk kompetisinya ya, Mba Ika. Trims jg udah balik ke rumah mayaku untuk lanjutan reportase Asean Blogger Festival, maafkan belum sempat update, sdg riweh di offline. 🙂

  3. salut sama orang yg scr rutin setiap hari menyempatkan diri untuk mengecek berita terkini. aku pribadi gak suka nonton berita. hanya mengandalkan twitter saja. if it’s not on twitter (bcoz my friends arent talking about it) then it’s not important for me to know. yah begitulah versi keminggrisnya, hehehe.

  4. Apik ulasane, mbak Ika.
    Ada satu acara favorit keluarga di SCTV, yg arsip-arsipnya bisa diperoleh di liputan6[dot]com yaitu SIGI, Sidik & Investigasi. Istriku sampai mendownload hampir semua movie-nya terutama ttg kejahatan industri makanan, minuman, dan kosmetika.

  5. Sebagai konsumen berita, sepakat Jeng Ika perlu paduan bijak mencerna berita dan memilih sumber berita. Untuk produsen berita, mangga kebenaran berita dan kemasan berita yang elegan dibangun. Apresiasi untuk opini apik ini Jeng Ika. Sukses ngontesnya. Salam

    • Terimakasih mbak Prih. Aaamiiin.

      Tulisan ini sebenernya berawal dari kegelisahan saya. Pas ada momentum akhirnya saya tulis.

      Besar harapan saya, media bekerja secara prifesional. Bukan karena kepentingan

  6. Wah, ternyata buat lomba…
    Kayaknya sih kurang tergali ya mbak bahasannya, karena terkekang oleh liputan 6 ini. Tapi, pesannya tersampaikan kok mbak 🙂

      • Ya elah mbak, santai aja, paling kalau kejebak, berantem argumen…
        Tulisan saya ramenya malah di fb, gak di-blog, pada berantem semua, asyik aja gitu ngeliatnya… #ehhh
        Hehe…

  7. Keprihatinan saya sekarang ini adalah independensi, sama seperti mas Lambang bilang. sudah mulai bias karena adanya permainan modal dan politik di dalam industri ini. karenanya perlu lebih mencerna semua yang diberitakan dengan lebih baik lagi.

  8. Lagi tak simak, tak baca, lha jebule kontes ya, Mba. hihihihi

    BENAR, kita harus semakin cerdas dan cermat dalam memilih siaran berita. Baik online maupun tipi2. 🙂

    Sukses 15 jguanya ya, Mba. Hihihihi

  9. Halah, kontes ternyata. Sebelum gambar pertama saya setuju, setelahnya tak kuat melanjutkan membaca 😀

    Saya adalah orang yang jarang mencerna berita, baik situs berita, tivi, koran, radio apalagi. Pola pikir saya simple saja, selama sebuah berita tidak ada sangkut paut dengan hidup saya, buat apa saya menghabiskan waktu dan perhatian untuknya.

    Apalagi gossip yang bikin kita berprasangka dan mengkeruhkan suasana hati, mending stay out of them 🙂

    Kemarin saya membaca sebuah email lengganan dari salah satu blog luar favorit saya, membahas hal ini juga, sepihak dengan saya dengan alasan yang lebih bisa diterima. Hendak saya buat posting sebenarnya namun belum jadi 😀

  10. Saya setuju sekali dengan Bu Ika … kita harus kritis dalam menyimak berita yang ada …
    Media juga punya kepentingan … (apapun itu kepentingannya …)
    Jika kita tidak tau ujung pangkalnya … saya rasa adalah bijak rasanya untuk tidak menghakimi terlebih dahulu …

    Salam saya

    (ini postingan juga ada kepentingannya bukan ?)(dan itu sah-sah saja …)(sama seperti media )
    (qiqiqi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s