[BlogReview] Lieshadie’s Blog

Saat mengetahui Pakdhe Cholik sang pemilik BlogCamp mengadakan ‘Kontes Unggulan Review: Saling Berhadapan‘, saya pun tak perlu berfikir lama mencari pasangan. Langsung saja saya colek mbak Lieshadie sang pemilik Lieshadie’s Blog untuk mengikuti kontes ini. Ya, kami selalu bersemangat mengikuti kontes blog baik yang diadakan sesama blogger maupun yang lainnya.
.
Sedikit tentang lomba review yang diadakan Blog Camp, lomba ini lain daripada yang lain.ย  Pokoknya unik banget! Infonya bisa diklik disini. Dalam lomba ini blogger diharuskan mencari pasangan untuk saling mereview blog pasangannya. Jika blog pasangan belum mereview maka akan diberi tanda merah oleh shohibul lomba alias Pakdhe Cholik. Ok, tak perlu berpanjang-panjang prolog, inilah review saya.
.

Design Blog

Boleh dibilang mbak Lies seorang pecinta kesederhanaan sejati. Ini bisa dilihat dari header dan template blog yang dipilih mbak Lies. Tapi tunggu dulu, walaupun blog ini menyuguhkan tampilan yang sederhana, tidak dengan tulisan-tulisan mbak Lies. Blog yang bertaburan bunga baik pada header maupun backgroundnya ini terbukti beberapa kali menjadi pemenang GA ataupun kompetisi blog lain.
.
Sedikit masukkan buat mbak Lies, header blog terlalu besar hingga terlihat tidak seimbang. Ada space kosong di sisi kanan yang cukup lebar. Akan lebih baik lagi jika mbak Lies memilih foto yang lebih kecil untuk header.
.
Lies
.
Sidebar terletak disisi kanan. Komposisinya tidak terlalu ramai. Seimbang dengan keramainan background. Ada sedikit masukkan, sidebar akan sedikit terlihat rapi jika widget banner diletakkan satu lokasi dengan widget komunitas. Banner komunitas bisa ditaruh dibagian paling bawah sedangkan banner lomba ditaruh diatasnnya atau bisa juga dibalik.
.
Lies1
.
Sidebar paling atas sebaiknya ditempati widget arsip ataupun kategori. Lebih bagus lagi jika ditambah widget tulisan terbaru dan tulisan terpopuler. Ini sangat berpengaruh pada pembaca. Saat pembaca masuk ke blog kita karena menemukan kesesuain blog dengan informasi yang dicari, tulisan terbaru dan tulisan terpopuler mampu menarik pembaca untuk berlama-lama di blog kita. Ini akan menguntungkan kita karena sedikit banyak akan mengatrol pagerank dan alexarank kita.
.
Font yang digunakan sudah cukup, tidak terlalu kecil maupun terlalu besar. Dengan background tulisan berwarna biru muda cukup nyaman untuk berlama-lama membaca.
ย 
Konten Blog
.

Blog mbak Lies mempunyai 10 kategori diantaranya, Blog & Blogger, Fiksi, Flora & Fauna, Keep Jepret, Keluarga & Anak, Kesukaan, Kuliner, Photo Challenge, Serba-serbi dan Uncategorized. Jika dilihat dari karegori yang digunakan, boleh dibilang blog ini bertema ‘Campur sari’ -mengutip komen Pakdhe Cholik pada blog saya yang tak bertema alias berisi campur-campur- tak ada tema besar yang diusung.

Kategori yang paling banyak ditulis ialah kategori Serba-serbi dengan 48 tulisan (data 14/06 2013). Sementara diposisi kedua kategori ditempati Keluarga & Anak berisi 40 tulisan.

Selain menulis, mbak Lies juga gemar fotografi. Terbukti beliau selalu aktif mengikuti Weekly Photo Challenge dan pada kategori pun ia menempati posisi ketiga. Total 211 postingan yang telah dibuat mbak Lies (14/06) baik berupa koleksi foto ataupun tulisan sejak mbak Lies membuat postingan pertama pada tanggal 18 Juni 2012 yang berjudul ‘Hello world!’.

Traffic Blog

.

Pagerank
.
Dari data diatas terlihat PageRank Lieshadie’s Blog 1/10. Menurut informasi yang saya ambil disini disebutkan jika pagerank 1 berarti halaman itu hanya merupakan sumber informasi yang biasa dan belum mempunyai kualitas yang tinggi dengan informasi yang ada didalamnya. Jadi, intinya banyak-banyaklah menulis postingan yang berkualitas dan banyak diminati orang untuk dibaca misal memposting hal-hal yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat. Contoh yang saat ini sangat relevan yaitu isu kenaikan BBM.
.
Alexa Traffic Rank
.
Alexa
.
AlexaRank Lieshadie’s blog masih berada dikisaran > 1.000.000. Ini menandakan pengunjung yang mampir belum banyak. Jika saya amati, ini terkait karena jarangnya mbak Lies meng-update tulisan di blognya.
.
Alexa3
.
Dari beberapa data diatas terlihat pengunjung yang datang adalah mereka yang berusia dengan rank antara 25-34 tahun dan lebih banyak pengunjung laki-laki daripada perempuan.
.
Mengikuti kompetisi ini menyadarkan saya bahwa kompetisi ini memunculkan sikap peduli kita pada blog sahabat. Ya, kontes ini ternyata merupakan proses mengenal lebih jauh blog sahabat blogger kita. Jikalaupun terdapat kritik dan masukkan itu merupakan bukti cinta kita pada blogger yang kita review.
.
Bukti cinta? Ya, dengan memberikan masukkan berarti kita peduli dengannya dan mengharapkan adanya perubahan kearah yang lebih baik.
.
Artikelย  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan
Riri-4-tahun-BlogCamp1-300x187
Iklan

11 pemikiran pada “[BlogReview] Lieshadie’s Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s