Komentar Pilihan

Hai kawan, kalian masih ingatkan kalau beberapa waktu yang lalu dalam sebuah postingan mengenai perawatan kulit saya meminta teman-teman untuk share bagaimana kalian merawat kulit agar tampak cerah? Yap, betul, yang hadiahnya boleh pilih 1 diantara 2 buku dibawah ini lho.

Buku1

Sip, tentu masih inget juga khan kalau saya mau bagi buku untuk 2 komentar pilihan. Seperti janji sebelumnya jika hari ini adalah hari pengumuman siapa yang beruntung mendapatkan buku ‘Cerita dibalik noda’ atau ‘Menulis fiksi itu seksi’.

Jujur, sebenernya sayaΒ  bingung waktu menentukan siapa yang beruntung mendapatkan salah satu buku tersebut. Semua komentar yang masuk bagus-bagus banget. Makanya saya sebut komentar pilihan, bukan komentar terbaik. Setelah ditimbang-timbang dan dipilah pilih, akhirnya……tralaaa terpilihlah dua komentator yang beruntung.

Selamat buat mbak Tinsyam dan Nonikhairani atau lebih beken dipanggil Nyonyasepatu. Ditunggu emailnya ke Ikakoentjoro@gmail.com dengan subyek ‘Komentar Pilihan’ dengan menyertakan Nama, Alamat, No telefon serta yang pasti buku apa yang kalian pilih.

So, buat temen-temen yang belum beruntung Insya Allah kapan-kapan kalau saya ada rejeki lagi saya akan bagi-bagi hadiah lagi dech ke kalian πŸ˜‰

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

Iklan

Tingkatkan Power dari Dalam Diri

HaMaZza's Blog

Setiap manusia diberi jatah waktu yang sama oleh Allah, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 365 hari dalam setahun. Allah juga mengaruniakan 3 potensi pada manusia yaitu akal, ruh dan jasad yang jika dioptimalkan akan menjadi kekuatan luar biasa dalam diri kita.

Akselerasi perasaan sangat dibutuhkan ditengah jaman yang penuh keberkelimpahan pilihan. Seakan waktu sangat cepat berlalu, waktu 24 jam sehari terasa kurang sementara banyak hal yang perlu dilakukan. Kondisi tersebut, tanpa sadar dapat menghadirkan tekanan perasaan, pikiran dan fisik. Kita dihadapkan dalam kehidupan yang begitu banyak tantangan demi tantangan.

Agar tidak terjebak dalam jaringan ketakutan dan sikap putus asa, serta tetap memiliki keseimbangan diri dalam menghadapi hidup, menurut perempuan cantik inspiratif bernama Ermalen Dewita,salah satu caranya ialah dengan meningkatkan power dari dalam diri.

Power adalah unsur penting dari kehidupan. Hadir pada setiap tindakan dan transaksi manusia. Selain itu, power adalah kemampuan kita untuk membuat apa…

Lihat pos aslinya 281 kata lagi

Yuhui, Akhirnya Menang

Hai kawan, apa kabar kalian hari ini? Masih bersemangatkan? Saya? Sangat bersemangat dan gembira. Yap, setelah berkali-kali gagal menjadi pemenang lomba akhirnya dapet hadiah juga dari satu lomba. Mudah-mudahan ini berlanjut ke lomba-lomba setelahnya. Aaamiiin.

Mengikuti lomba tak hanya karena mengejar hadiahnya semata. Lebih pada bagaimana meng-upgrade tulisan agar lebih baik. Walaupun pada kenyataannya, unsur keberuntungan juga berperan besar untuk menjadi pemenang.

menang1

Saat melakukan sesuatu biasanya saya mengevaluasi progress yang saya capai. Ya, terinspirasi dari sebuah kata-kata bijak yang menyebutkan hari ini gratis besok bayar,”Hari ini harus lebih baik daripada kemarin dan esok harus lebih baik daripada hari ini.” Begitupun dengan dunia ngeblog. Setelah target untuk konsisten ngeblog terlampaui rasanya hambar kalau tak ada target lain yang ingin dicapai.

“Target? Kenapa mesti susah-susah bikin target. Aku ngeblog suka-suka kok.” Kalau ada yang punya pendapat begitu yo monggo saja. Ngeblog emang suka-suka kok πŸ˜†

Terusterang mengikuti lomba seperti candu. Kalau kalah justru malah lebih bersemangat. Semangat untuk menaklukkan lomba berikutnya. So, walaupun kalah saya selalu belajar dari sang pemenang. Bagaimana gaya bahasa yang dipakai, alur cerita dan lain sebagainya.

Bagi teman-teman yang belum beruntung menjadi pemenang, jangan berkecil hati. Setelah 99x gagal menjadi pemenang saat mengikuti lomba barangkali yang ke 100 kita menjadi menangnya. Dan bagi yang tidak berminat mengikuti lomba, don’t worry, tak ada yang mengatakan karya kalian tidak bermutu. Mengikuti lomba ataupun tidak itu pilihan πŸ˜‰ So, happy blogging kawan!

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

Konsistensi Ngeblog

doc. google

doc. google

Beberapa hari ini, tepatnya hampir satu minggu saya tidak mengupdate blog. Blog terbengkalai 😦

Entah mengapa, rasanya masih sulit untuk bisa konsisten menulis di blog.

Kalo pas lagi produktif pengennya nulis terus. Tapi kalo penyakit M alias malasnya kumat, untuk BW menyambangi blog teman-teman pun rasanya juga malas. Belum lagi alasan sibuk. Atau malah kadang tidak ada ide. Pokoknya kompleks banget nich penyakitnya.

Jujur, minggu ini sebenarnya merupakan minggu perenungan buat saya. Terutama perenungan tentang bagaimana saya memandang hidup ini. Merenung tentang apa yang akan saya gapai dalam hidup ini.

Minggu ini saya banyak membaca shiroh (cerita) sahabat Rasulullah SAW tentang bagaimana mereka memaknai hidup dan tetap teguh dalam ikatan-Nya.

Yah, mungkin saatnya saya harus berbenah diri karena sampai kapan akan hidup saya tidak tahu.

Buat teman-teman yang mempunyai saran agar tetap konsisten ngeblog ditunggu komennya ya πŸ˜†

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

Blogger dan Kebiasaan Membaca

Perlukah seorang blogger memiliki kebiasaan membaca?

Perlu dan tidaknya tentunya tergantung dari tujuan yang ingin diraih si blogger dari kegiatan ngeblognya. Jika ngeblog dipakai sebagai sarana latihan menulis tentunya referensi untuk mendukung tulisannya sangat diperlukan. Itu berarti membaca buku perlu ia lakukan.

Perlu atau tidaknya blog yang berisi curhat-curhatan atau bercerita tentang kehidupannya sehari-hari memiliki kebiasaan membaca juga tergantung dari sutradara yang mengarahkannya. Jika cerita sehari-hari atau curhatan dipakai sebagai penguat tulisannya, hemat saya si blogger juga perlu memiliki kegemaran membaca untuk menambah wawasannya.

Sebuah contoh ketika kita ingin mengupas sebuah iklan oreo yang berjudul β€œHp atau oreo” tulisan kita akan lebih β€œmenggigit” jika kita mampu mengupas lebih dalam dari sisi psikis ataupun nilai ekonominya. Ini artinya si blogger harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang ilmu psikologi ataupun tentang pemasaran.

Terlepas dari kegiatan ngeblog, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari kebiasaan membaca yang kita lakukan.

Pertama, meningkatkan memori. Membaca merupakan salah satu cara mengasah otak agar tidak cepat tumpul. Membaca dan menulis merupakan cara yang tepat agar otak tidak cepat pikun. Berbeda ketika kita menonton, tatkala membaca otak dipaksa untuk bekerja memahami dan merekam kata perkata. Daya perekaman kata ini penting terutama ketika kita harus membaca cepat tulisan di blog lain agar komentar yang kita tinggalkan nyambung dengan isi tulisan.

Kedua, membaca mampu mengurangi kebosanan dalam menunggu. Ya, membaca merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan kejenuhan ketika kita sedang menunggu. Dan sangat mungkin kita mendapat ide untuk menulis dari apa yang kita baca.

Ketiga, aktivitas membaca juga bisa menjadi sarana kita mempelajari berbagai model kalimat. Seperti contoh dua buku dibawah ini.

Blogger dan membaca

Kedua buku ini dikarang oleh pengarang yang sama. Endingnya sama-sama sulit ditebak. Ini ciri khas dari penulis yang satu ini. Tetapi jika dicermati, kedua buku ini menggunakan gaya bahasa yang berbeda.

Setelah saya cermati, perbedaan gaya bahasa pada kedua buku diatas terjadi lantaran keduanya diterbitkan oleh dua penerbit yang berbeda. Buku sebelah kiri diterbitkan oleh penerbit Gramedia sedangkan yang disebelah kanan diterbitkan oleh Republika.

Bagi blogger yang mempunya impian untuk menulis buku, pemahaman tentang penerbit perlu dimiliki untuk menentukan penerbit mana yang editornya pas dengan gaya bahasa tulisan kita.

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

Sebuah Penghargaan

Minggu yang cerah, Joko mengajak Ira, putri semata wayangnya berjalan-jalan di taman kota. Seperti biasa, setiap hari libur taman kota selalu ramai. Selain ramai pengunjung yang ingin menikmati suasana liburan, juga ramai pula pedagang yang jajakan aneka barang.

Saat sedang beristirahat dibangku taman, mereka melihat seorang ibu penjual bakul nasi yang sudah tua sedang menawarkan dagangannya pada para pengunjung taman. Beberapa orang yang ditawarinya menolak untuk membeli.

doc. google

doc. google

Ketika pedagang itu menghampiri Joko dan putrinya, Jokopun bertanya padanya,”Berapa harga bakul nasi ini, nek?”

β€œSepuluh ribu rupiah,” jawab si nenek pedagang bakul nasi.

β€œBerapa bakul nasi yang nenek bawa?”, tanya Joko lagi.

β€œLima belas biji, nak,” jawab si nenek.

β€œSiapa yang membuat bakul nasi ini, nek?”

β€œSuami dan anak saya, nak. Sejak penyakit katarak membutakannya sepuluh tahun lalu, sayalah yang menggantikannya berjualan bakul nasi ini.” jawab si nenek.

β€œOk, saya beli semua bakul ini,” lanjut Joko sambil memberikan dua lembar uang seratus ribuan pada nenek penjual bakul.

β€œMaaf nak, saya tidak punya uang kembalian. Dari tadi pagi belum ada yang membeli bakul nasi saya. Uang pas saja, nak.”

β€œKembaliannya buat nenek saja,” jawab Joko.

β€œOh, kalo begitu terimakasih sekali, nak. Suami saya pasti senang sekali, hari ini bakul nasi yang saya bawa habis terjual,” jawab si nenek dengan girangnya.

Putri Joko menyimak percakapan antar Joko dan si nenek penjual bakul dengan seksama. Ia merasa heran dengan apa yang ayahnya lakukan.

Sesampainya di mobil, Ira pun bertanya pada Joko,”Mengapa ayah membeli bakul nasi sebanyak ini? Bukankah satu saja cukup untuk kita, yah?”

β€œYa, betul,” jawab Joko singkat.

β€œLalu, untuk apa bakul nasi sebanyak ini?”

β€œHmm, nanti kita berikan pada tante, budhe atau tetangga saja,” jawab Joko.

β€œJikalau ayah kasihan dengan nenek tadi, mengapa tidak ayah beri uang saja. Tak perlu kita beli bakul sebanyak ini,” lanjut Ira dengan penuh keheranan.

β€œNak, bakul nasi ini yang membuat suami si nenek yang telah buta karena penyakit katarak. Bisa saja ayah memberinya uang tanpa membeli bakul nasinya. Akan tetapi jika suaminya tahu bakul nasinya masih banyak, ia akan sedih karena menganggap hasil karyanya tidak laku.”

β€œIra sayang, jika suami nenek tadi tahu bakul nasinya habis terjual, maka ia akan lebih bersemangat lagi membuat bakul nasinya karena apa yang dia hasilkan dihargai orang. Jikalau hari ini kamu tidak mengerti apa yang ayah sampaikan, suatu saat mudah-mudahan kamu mengerti apa yang ayah maksud,” lanjut Joko.

***

Sebuah penghargaan kecil yang kita berikan mungkin besar buat orang lain. Penghargaan yang menjadikan orang lain lebih bersemangat untuk berkarya dan menampilkan kemampuan terbaiknya. Termasuk pada anak-anak kita. Apresiasilah prestasinya sekecil apapun, tak selalu sesuatu yang bersifat akademisi ataupun prestasi dalam sebuah kompetisi.

Selamat menikmati akhir pekan bersama keluarga sobat πŸ˜€

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

Postingan ke 100

Hari ini tepat postingan saya yang ke 100. Untuk ukuran blogger yang sudah berumur 1 tahun lebih, rasanya saya termasuk blogger yang kurang produktif.

Sejatinya saya sudah mulai menulis sejak November 2011. Bertahan 2 bulan dan akhirnya mandeg, berhenti menulis dan berhenti mengurus blog. Ya, saya vakum selama kurang lebih 6 bulan lamanya. Dan mulai menulis lagi setelah mendapat motivasi dari salah seorang sahabat blogger saya, Ndin dengan blognya Melihat dengan Hati untuk kembali menulis, menuangkan ide dalam blog.

Satu titik kelemahan postingan saya ialah foto yang mendukung. Terus terang disamping karena saya tidak begitu hobbi cetrak cetrek, saya ingin menggali lebih dalam kemampuan menulis yang saya miliki. Yah, sebuah harapan besar kelak suatu saat tulisan saya bisa terkumpul dalam sebuah buku. Aaamiiin πŸ˜†

Kini, dalam perjalanan langkah menuju 101 postingan, saya ingin berbagi kebahagian dengan sahabat blogger yang telah sudi mampir dan memberi komentar pada tulisan-tulisan saya yang masih sangat minim kualitasnya. Masih jauh dari kategori tulisan yang inspiratif.

Saya ingin berbagi kebahagiaan ini dengan memberikan sebuah hadiah pada 2 sahabat blogger. Hadiah-hadiah yang saya sediakan bisa sahabat pilih diantaranya.

Buku

Bagi sahabat yang hobi dengan membaca, saya memberikan pilihan pada buku-buku dibawah ini.

Β Hadiah Buku

Hem batik dengan segala ukuran

Jika mas, bapak, om, pakdhe tidak berminat dengan buku yang saya tawarkan, maka bisa memilih hem batik ini.

Β Hadiah Hem

Tas batik

Bagi mbak, ibu, tante dan budhe blogger yang senang dengan tas, maka pilihan ada dibawah ini.

Hadiah tas1

Dan inilah teman-teman yang beruntung mendapatkan hadiah diatas

1. Pak Sarib dengan Blognya Lambangsarib

2. Ely Meyer dengan blognya Dunia Ely

Selain dua orang yang beruntung diatas, saya ingin memberikan hadiah special ini pada sahabat saya Ndin dengan blognya Melihat dengan Hati yang telah membangunkan saya dari mati suri ngeblog πŸ˜†

Buat sahabat blogger yang beruntung, silahkan kirimkan nama lengkap dan alamat serta hadiah yang diinginkan via email ke ikakoentjoro@gmail.com

Selamat kepada sahabat blogger yang beruntung. Mudah-mudahan hadiah dari saya semakin mempererat persahabatan kita.

Salam hangat dari saya,

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

 

.

.

Catatan to Elly;

Kirimnya lewat saudaramu yang di Indonesia aja ya El. Berat diongkosnya nich kalo dikirim ke Jerman. Ok πŸ˜†